Ada berbagai faktor yang ikut mendewasakan dan mengembangkan
interaksi manusia dan komputer, khususnya kecerdasan buatan (artificial
intelligence), rekayasa perangkat lunak (software engineering) dan matematika
(mathematics)
FAKTOR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rakayasa perangkat lunak dapat didefinisikan sebagai
berikut :
·
Instruksi-instruksi yang bila dieksekusi
akan memberikan fungsi dan kerja yang diinginkan
·
Struktur data yang memungkinkan suatu
program memanipulasi informasi secara proposional
·
Dokumen yang menggambarkan operasi dan
kegunaan program
Faktor ini dapat menciptakan suatu program yang
efektif, efisien dan user friendly sehingga dapat dihasilkan suatu mesin yang
betul-betul diinginkan oleh user.
FAKTOR KECERDASAN BUATAN
Kecerdasan buatan bertujuan agar komputer dapat
melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia serta
menggabungkan cara berpikir manusia dan mesin, untuk mengambil keputusan,
memecahkan masalah dan pembelajaran.
Faktor kecerdasan buatan mempunyai peran untuk
menciptakan suatu sistem yang betul-betul andal, canggih dan menyerupai pola
berpikir manusia, misalnya Robot. Selain itu faktor ini menyebabkan
perkembangan HCI semakin sulit dibayangkan.
FAKTOR LINGUISTIK KOMPUTASIONAL
Peran bahasa yang digunakan sebagai antar muka agar
user lebih mudah menggunakan sistem tersebut dan tidak terjadi kesalah pahaman
di dalam menggunakannya. Dibutuhkan suatu komposisi bahasa yang sangat baik dan
dapat dengan mudah dimengerti oleh user.
FAKTOR PSIKOLOGI
Pemahaman akan psikologi orang yang akan menggunakan
software sangat dibutuhkan mengingat setiap user memiliki sifat dan kelakuan
yang berbeda. Didalam merancang progran faktor ini harus dipikirkan terlebih
dahulu, seperti siapa target pengguna program, bagaimana suasana lingkungan,
perilaku pengguna secara umum dan sebagainya agar program yang dirancang lebih
user friendly.
Faktor ini juga mencakup pengetahuan dan keahlian
pengguna dalam mempersepsikan dan memecahkan masalah (problem solving)
FAKTOR MULTIMEDIA
Konteks multimedia digunakan sebagai sarana dialog
yang sangat efektif antara manusia dan komputer untuk menghasilkan tampilan
yang lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh pengguna misalnya dengan
gambar, suara, teks, grafik dan sebagainya.
FAKTOR ANTROPOLOGI
Faktor ini memberikan gambaran tentang tata cara
kerja kelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan
kontribusi sesuai bidang masing-masing. Faktor antropologi dapat memberikan
pandangan yang mendalam tentang tata cara kerja dari setiap kelompok karyawan
yang ada, dimana terjadi komunikasi antara manusia dan peralatan yang mereka
gunakan.
FAKTOR ERGONOMIK
Faktor ini berhubungan dengan aspek fisik untuk
mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Letak meja, kursi, monitor, keyboard,
mouse, posisi duduk, pengaturan pencahayaan, kebersihan dan berbagai aspek lain
akan sangat berpengaruh terhadap interaksi manusia dengan komputer yang
digunakan.
FAKTOR SOSIOLOGI
Faktor ini berhubungan dengan pengaruh sistem
komputer dalam struktur sosial. Pada intinya faktor ini merupakan konteks dari
suatu interaksi.
TEKNIK PENULISAN
Suatu program aplikasi yang dibuat membutuhkan
manual agar orang yang belum biasa menggunakan aplikasi tersebut bisa
mempelajarinya terlebih dahulu agar terjadi interaksi yang baik.
FAKTOR MATEMATIKA
Pembuatan suatu software haruslah efisien dalam
perhitungan matematika. Jika suatu software bisa dijalankan oleh semua orang
yang baru belajar maupun pakar, unsur kemudahan dalam segi hitungan matematika
akan membuat software tersebut disukai oleh banyak orang.
FAKTOR BISNIS
Faktor ini mempengaruhi perkembangan dan semakin
memudahkan terjadinya interaksi manusia dan komputer. Persaingan bisnis yang
semakin ketat menghasilkan produk yang lebih mudah digunakan.
Perusahaan hardware berusaha membuat produk yang
memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya, misalnya alat elektronik
seperti ponsel, PDA, dan komputer yang makin fleksibel. Hal ini juga memacu
perkembangan perangkat lunak yang lain yang juga semakin memudahkan manusia
berinteraksi dengan mesin. Prinsip ekonomi juga berlaku, semakin banyak
permintaan pasar, para penyuplai pun akan berusaha untuk memenuhinya.
Nama : Muhammad Aji Hidayat
Fakultas : Computer
Kampus : Universitas MH. Thamrin
0 comments