1.Pengertian IMK (Interaksi manusia dan komputer)
Interaksi manusia dan
komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan
komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka
pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Sedangkan interaksi
manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan
yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara
interaktif untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diinginkan.
IMK atau interaksi
manusia dan komputer adalah suatu ilmu yang sangat berkaitan dengan disain
implementasi dan evaluasi dari sistem komputasi iyang interaktif untuk
digunakan oleh manusia dan studi tentang ruang lingkupnya,ada interaksi antara
satu atau lebih manusia dan satu atau lebih komputasi mesin.
Agar komputer dapat
diterima secara luas dan digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara
baik.
Hal ini tidak berarti
bahwa semua sistem harus dirancang agar dapat mengakomodasi semua orang, namun
komputer perlu dirancang agar memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan
kebutuhan pengguna secara spesifik.
Pada tahun 1970 mulai
dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface),
yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI),
dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem.
Perusahaan komputer
mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu
keberhasilan dalam pemasaran produknya.
Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan
tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa
bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar
perancangan antarmuka secara fisik.
HCI didefinisikan
sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan
implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi
tentang fenomena di sekitarnya. HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat
berdialog dengan penggunanya seramah mungkin (user friendly). Tidak hanya
perancangan layout layar monitor. Dari sudut pandang pengguna merupakan
keseluruhan sistem sehingga Useful, Usable, Used
Useful: fungsional, dapat mengerjakan sesuatu
Usable: Dapat mengerjakan sesuatu dengan
mudah, mengerjakan sesuatu yang benar (does the right things)
Used: Terlihat baik, tersedia dan
diterima/digunakan oleh organisasi
2.Tujuan IMK (Interaksi manusia dan komputer)
1.Membuat sistem yang lebih:
·
Berguna (usable)
·
Aman
·
Produktif
·
Efektif
·
Efisien
·
Fungsional
2. Meningkatkan
interaksi antara manusia dgn sistem komputer
Sistem yang bermanfaat
(usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik.
Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety),
utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan
efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada
perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara
keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan
keluarga. Sedangkan Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem
yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu
ataupun kelompok. Utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem
tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.
Nama : Muhammad Aji Hidayat
Fakultas : Computer
Kampus : Universitas MH. Thamrin
Sangat bermanfaat sekali , terima kasih ya ...
ReplyDeleteMy blog